Latar Belakang Bandara

kali ini kita membahas mengenai bandara, apakah ada yang tahu apa itu arti bandara?
kalau tidak ini saya jelaskan.
___________________________________________________________________

Daerah lingkungan kerja bandara adalah wilayah daratan atau perairan yang di gunakan secara langsung untuk kegiatan bandara.
        kawasan keselamatan operasi penerbangan adalah wilayah daratan atau perairan serta ruang udara di sekitar bandara yang di gunakan untuk kegiatan operasi penerbangan dalam rangka menamin keselamatan penerbangan ( safety aviation ).

        Jarang di sadari bahwa bandara berperan demikian besar bagi pembangunan suatau wilayah, bandara lebih sering di pahami sebagai tempat pemberangkatan ( depature ), dan kedatangan ( arrival ), bagi pesawat udara ( air craft ), dengan membawa penumpang yang menggunakan tiket.  

Kebandar udaraan  adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan bandara dan kegiatan lainnya dalam melaksanakan fungsi keelamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas pesawat udara ( yang di pandu oleh ATC / Air Traffic Control ), penumpang ( pesengger ), kargo dan pos, tempat perpindahan antar moda serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah ( refrensi ), UU RI N0 1 TAHUN 2009 tentang penerbangan BAB 1 ketentuan jasa umum  ( pasal 1 ayat 31 ).





Pengertian Bandara

1. menurut annex 14 / I CAO adalah area tertentu daratan atau perairan ( termasuk bangunan, instalasi dan peralatan ), yang di perantukan secara keseluruhan atau sebahagiaan untuk kedatangan ( arrival ), keberangkatan ( defacture ), dan pergerakan pesawat ( remove / taxi way ).

2. menurut UU RI NO 1 tentang penerbangan. BAB 1 ketentun umum pasal 1 ayat 33

Bandara adalah kawasan di daratan dengan batas - batas tertentu yang di gunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas ( landing / take off ).

Naik turun penumpang ( boarding ), bongkar muat barang ( loading un loading ) dan tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi yang di lengkapi dengan fasilitas kelengkapan, keamanan dan keselamatan, serta fasilitas pokok dan fasilitas penunjang lainnya.

terima kasih atas kunjungannya

0 Response to "Latar Belakang Bandara"

Post a Comment